
Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Baiturrahmah menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengembangan Kurikulum Berbasis Outcome Based Education (OBE) pada Rabu–Kamis, 13–14 Agustus 2025, bertempat di Ruang Sidang Yayasan Pendidikan Baiturrahmah Padang.
Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakil Dekan I FIKES Unbrah, Novia Zulfa Hanum, SKM, MKM, yang dalam sambutannya menekankan pentingnya pengembangan kurikulum yang adaptif dan relevan dengan kebutuhan zaman serta dunia kerja. Menurutnya, melalui pendekatan OBE, FIKES Unbrah berupaya memastikan bahwa seluruh lulusan tidak hanya menguasai materi, tetapi juga mampu berkontribusi nyata dalam dunia profesi dan masyarakat.
Bimtek ini menghadirkan dr. Nur Afrainin Syah, S.Ked, MMedEd, Ph.D sebagai narasumber utama. Dalam paparannya, beliau menekankan bahwa OBE adalah pendekatan pendidikan yang fokus pada pencapaian hasil belajar mahasiswa sebagai output utama, bukan lagi sekadar penguasaan subjek atau isi materi semata.
Kurikulum harus dirancang untuk meningkatkan relevansi terhadap kebutuhan pengguna lulusan (user), sehingga pada akhirnya dapat mendukung keterserapan lulusan di dunia kerja. Oleh karena itu, seluruh proses pembelajaran, metode pengajaran, dan penilaian harus disusun selaras dengan kompetensi yang diharapkan.
Lebih jauh, narasumber juga menyoroti pentingnya pendekatan interprofessional education sebagai pondasi menuju interprofessional collaboration. Hal ini sangat penting di bidang kesehatan, di mana kolaborasi lintas profesi menjadi kunci pelayanan yang berkualitas dan berpusat pada pasien.

Kegiatan ini diikuti oleh para pengelola kurikulum dari lima program studi di lingkungan FIKES Unbrah, yaitu Prodi Farmasi Klinis, Prodi Kesehatan Masyarakat, Prodi Kebidanan, Prodi Administrasi Rumah Sakit, dan Prodi Profesi Kebidanan. Seluruh peserta terlibat aktif dalam diskusi dan praktik pengembangan kurikulum berbasis capaian pembelajaran serta perumusan profil lulusan yang sesuai dengan kebutuhan profesi masing-masing.
Dengan Bimtek ini, FIKES Unbrah menegaskan komitmennya untuk melahirkan lulusan yang tidak hanya unggul secara akademis, tetapi juga kompeten, profesional, dan siap berkontribusi di masyarakat. Pendekatan kurikulum berbasis OBE diharapkan menjadi langkah strategis untuk meningkatkan mutu pendidikan dan daya saing lulusan di era globalisasi.