Pelantikan wisuda 91 Hari pertama.

Universitas Baiturrahmah (Unbrah) menggelar Wisuda Ke-91 pada Sabtu 5 Oktober 2024 menandai capaian prestasi akademik yang signifikan bagi institusi pendidikan tersebut. Sebanyak 191 wisudawan telah dilantik dalam acara yang berlangsung di Auditorium Kampus Aie Pacah, Padang.

Dalam kesempatan ini, Rektor Unbrah, Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, M.S., mengucapkan selamat kepada para lulusan. Ia menekankan pentingnya kompetensi pengetahuan, sikap, dan kemampuan yang dimiliki oleh para wisudawan. “Universitas Baiturrahmah membangun sikap sejak masuk hingga keluar atau wisuda,” kata Rektor.

pemberian Bintang Aktivis Kampus.

“Mulai dari kegiatan Bintalfisdis, ESQ, dan pengenalan orientasi mahasiswa baru, hingga kegiatan rohaniah seperti kajian dhuha dan penggunaan absen untuk shalat berjamaah khususnya Duhur, ” sebutnya.

Rektor juga mengapresiasi dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan sebagai bentuk pemberian penghargaan atas prestasi dan jasanya. “Kami juga mengapresiasi dosen, mahasiswa, dan tendik sebagai bentuk pemberian penghargaan atas prestasi dan jasanya,” ujarnya.

Dalam laporan akreditasi, Universitas Baiturrahmah telah mencapai tingkat B, sedangkan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) telah memperoleh Akreditasi Unggul dari LAMPTKes. Rektor berharap prestasi FKG akan terus meningkat dan dapat mencapai tingkat unggul pula.

Foto bersama wisudawan.

Prestasi mahasiswa Unbrah juga telah mencapai tingkat internasional, dengan beberapa mahasiswa aktif mengikuti kegiatan dan berprestasi di berbagai bidang. Mereka telah mengikuti Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) hingga ke Papua dan NTT, serta Magang Studi Independent Bersertifikat (MSIB) dan magang di Jepang.

Kepala LLDikti X Afdhalisma dalam sambutannya pada kegiatan ini mengatakan bahwa Unbrah akan mencapai kemajuan di masa depan. Meskipun Unbrah telah mencapai prestasi yang baik, masih ada tantangan yang perlu dihadapi, seperti pengangguran dari kalangan sarjana di Sumatera Barat. “Tantangan banyak pengangguran dari kalangan sarjana di Sumatera Barat alasannya tidak sesuaiannya keterampilan dengan ketersediaan dunia kerja,” kata Kepala LLDikti X Afdhalisma.

Kepala LLDikti X Afdhalisma

Dengan dilantiknya 191 wisudawan ini, total lulusan Unbrah semenjak berdiri pada tahun 1994 hingga sekarang mencapai 15.569 orang. Acara wisuda ini juga dihadiri oleh Anggota Senat Unbrah dan Orang Tua Wisudawan, serta dilakukan pemberian penghargaan kepada lima orang Bintang Aktivis Kampus dan Lulusan Terbaik.

Dengan demikian, Universitas Baiturrahmah terus berbenah dan mengejar beragam prestasi di semua aspek, memastikan bahwa institusi pendidikan ini akan terus berkontribusi dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia.