Seminar Nasional Pariwisata dan Ekono

Unbrah Selenggarakan Seminar Nasional Konferensi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Universitas Baiturrahmah melalui Fakultas Ekonomi dan Bisnis menyelenggarakan Kegiatan Seminar Nasional Konferensi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada Rabu 26 Juni 2024 di Kampus Unbrah Aie Pacah Padang.

Ketua Penyelenggara Dr. Edi Suandi, SE, MM pada sambutannya dalam pembukaan kegiatan mengatakan Seminar ini menghadirkan sejumlah pakar dan akademisi ternama khususnya dalam bidang Pariwisata, ekonomi kreatif dan wisata halal.

Dr. Edi Suandi

Beberapa nama ternama yang hadir yakni Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabinet Indonesia Bersatu 2011-2014 Prof. Dr. Sapta Nirwandar, SE, Pakar Pariwisata Unand Sari Lenggogeni, SE, MM, Pg,Dipl, Ph.D, dan Profesor Entrepreneurship Unand Prof. Donald Games, SE, M.Bus.

Selain itu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno juga ikut memberikan keynote speaker melalui video.

Menparekraf Sandiaga Uno.

Disamping kuliah umum dari beberapa Pakar , dilakukan juga presentasi dari pemakalah yang jumlahnya hingga 100 paper.

Luaran makalah ini nantinya akan dimasukkan ke dalam jurnal terindeks setara Sinta 3.

Ke depan ujar Edi Suandi Seminar ini akan menjadi kegiatan rutin kampus dan fakultas yang mana luarannya juga akan ditingkatkan hingga jurnal terindeks Scopus.

Prof. Sapta Nirwandar.

Sementara itu Prof. Dr. Sapta Nirwandar, SE dalam seminarnya menyampaikan tentang peluang Indonesia dan Sumbar khususnya menjadi destinasi wisata halal dunia.

Menurut salah satu penggagas ajang Balap Sepeda Tour de Singkarak tersebut budaya dan adat yang bersendikan agama di Ranah Minang amat mendukung terciptanya wisata halal bahkan ekonomi halal.

Menurutnya Indonesia harus fokus ke elemen tersebut karena memiliki potensi yang besar, terlebih negara non muslim seperti Thailand saja sudah mulai mengembangkan wisata dan ekonomi halal.

Rektor Unbrah.

Menanggapi hal itu Rektor Unbrah Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, MS, mengajak kepada akademisi khususnya di Unbrah untuk mendukung penciptaan Pariwisata halal, dan ekonomi kreatif.

Kegiatan ini dihadiri oleh Pimpinan Unbrah, Yayasan Pendidikan Baiturrahmah, mahasiswa dan peserta Seminar.