Foto bersama.

Unit Pelaksana Teknis Kuliah Kerja Nyata University Social Responsibility (KKN-USR) Unbrah menggelar pelatihan DPL dan Mahaiswa Peserta KKN-USR 2024 Kabupatean Pesisir Selatan pada Sabtu 25 Mei 2024 di Auditorium Unbrah Kampus Aie Pacah Padang.

Kepala UPT KKN-USR Dr. Edi Suandi, MM mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang konsep, tujuan dan nilai-nilai dasar dari KKN-USR Unbrah.

Kepala UPT KKN-USR

Pada kegiatan ini mahasiswa dan dosen pembimbing lapangan (DPL) diberikan penjelasan terkait segala hal yang akan disiapkan dan direncanakan dalam melaksanakan KKN dan USR pada Juli hingga Agustus 2024.

Dalam hal ini pihaknya menghadirkan dua narasumber yang tujuannya untuk memberikan gambaran terkait KKN yakni Dr. Apt. Syofyan, S.Si, M.Farm yang merupakan Kepala UPT KKN-PPM Unand dan Dr. Yulizal Yunus, M.Si dari UIN Imam Bonjol.

Pelatihan

Keduanya memiliki peranan yang berbeda, dimana Dr Syofyan fokus pada penjelasan tentang pelaksanaan KKN serta garis besar kemungkinan program yang dapat disusun dan dilaksanakan.

Sedangkan Dr, Yulizal lebih pada pendekatan sisi adat, agama dan budaya yang menjadi bekal bagi mahasiswa dan DPL saat berbaur dan berkomunikasi dengan masyarakat adat setempat.

Pemahaman Materi.

Kegiatan ini dibuka oleh Rektor Unbrah Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, M.S yang menyampaikan bahwa KKN tahun ini yang diikuti oleh mahasiswa S1 dan DIV tahun 2022 adalah yang pertama dilakukan di Unbrah.

Untuk itu kata Rektor, baik DPL dan mahasiswa untuk lebih serius dan matang dalam menyiapkan segalanya termasuk programnya sebelum pelaksanaan.

Selain itu sebut Rektor usai KKN, akan dilaksanakan USR yang tahun ini menjadi kedelapan setelah pelaksanaan terakhir di Aie Manih Padang Maret 2023 lalu.

Rektor.

Harapannya dengan keikutsertaan mahasiswa dan DPL dalam KKN akan mengembangkan Unbrah lebih baik khususnya dalam menjadi mitra pembinaan untuk masyarakat daerah.

Terlebih saat ini baik Pesisir Selatan dan daerah lain di Sumbar sering terdampak bencana alam, kegiatan harapannya kegiatan KKN dan USR ini menjadi salah satu upaya dalam pemulihan daerah pasca bencana sekaligus upaya menanggulangi bencana.

Sementara itu kegiatan ini dihadiri lebih kurang 700 orang mahasiswa dan puluhan DPL. Mahasiswa KKN akan berangkat pada 12 Juli 2024 dan akan pulang pada 18 Agustus 2024.