Rombongan Unbrah mengunjungi dan menyerahkan bantuan kepada korban terdampak banjir.

Universitas Baiturrahmah (Unbrah) menunjukkan kepeduliannya terhadap korban bencana banjir bandang di Sumatera Barat (Sumbar) dengan menggelar Aksi Peduli Bencana Banjir Bandang Sumbar. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 21 hingga 23 Mei 2024, di Nagari Parambahan Limo Kaum, Tanah Datar.

Koordinator kegiatan drg. Abu Bakar, M.Med, P.hD mengatakan aksi Peduli dilakukan dalam bentuk penyerahan bantuan, gotong royong dan membuka pos pelayanan kesehatan yang dipusatkan di posko utama di depan masjid Ubudiyah. Hal ini merupakan bentuk respons cepat Unbrah terhadap bencana alam yang melanda Sumbar pada Sabtu (11/5) lalu. Bencana tersebut mengakibatkan kerusakan parah dan memakan korban jiwa.

Dalam aksi ini, Unbrah menyalurkan bantuan senilai total 104 juta rupiah kepada para korban. Bantuan tersebut terdiri dari berbagai kebutuhan pokok, seperti beras, mie instan, selimut, dan pakaian.

Selain itu, Unbrah juga menyediakan pelayanan kesehatan gratis bagi para korban. Sebanyak 60 mahasiswa dan 40 dosen, dokter, dan tenaga didik (tendik) Unbrah dikerahkan untuk membantu kegiatan ini.

Tim kesehatan Unbrah memberikan pelayanan umum dan gigi, serta pelayanan spesialis bedah. Sebanyak 4 pasien operasi strain, 2 pasien perawatan luka, 1 pasien inflamasi KGB inguinal, dan 1 pasien penyakit dalam dan anak ditangani oleh tim spesialis bedah.

Kegiatan di posko kesehatan.

Sementara itu, tim kesehatan umum melayani 13 pasien dispepsia, 10 pasien mialgia, 25 pasien ISPA, 7 pasien hipertensi, dan 16 pasien dengan keluhan umum lainnya. Selain itu, 15 orang juga menerima layanan kesehatan gigi.

Ketua Yayasan Unbrah Hj Maizarnis beserta Jajaran dan Rektor Unbrah Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, memimpin langsung aksi ini. Turut hadir pula Wakil Rektor 2, Ketua LPPM, Kabiro Humas, Dekan FE dan FIKES, Ka UPT KKN/USR, Wakil Dekan, Kaprodi, dan tim kesehatan Unbrah.

Penyerahan bantuan secara simbolis dilakukan pada hari Rabu (22/5). Bantuan tersebut diterima oleh perwakilan pejabat nagari setempat dan masyarakat terdampak bencana

Dokumentasi di sela kegiatan.

Rektor Unbrah dalam sambutannya menyampaikan rasa duka cita mendalam atas musibah banjir bandang yang menimpa Sumbar. Ia berharap bantuan dari Unbrah dapat meringankan beban para korban.

Rombongan Unbrah mengunjungi dan menyerahkan bantuan kepada korban terdampak banjir.

Di samping itu juga dia mengatakan Unbrah berkomitmen untuk selalu membantu masyarakat yang membutuhkan. Ia mengajak seluruh sivitas akademika Unbrah untuk terus berkontribusi dalam kegiatan-kegiatan kemanusiaan.

Kunjungan ke lokasi galodo.

Aksi Peduli Bencana Banjir Bandang Sumbar ini merupakan wujud nyata kepedulian Unbrah terhadap masyarakat. Unbrah berharap kegiatan ini dapat membantu para korban untuk bangkit kembali dari musibah yang mereka alami.