Unbrah Talk bersama dr. Eva Decroli.

Universitas Baiturrahmah kembali menayangkan talkshow secara dalam jaringan yang bertajuk “Unbrah talk” dengan tema Peranan Fakultas Kedokteran Swasta Dalam Mewujudkan Indonesia Sehat pada Sabtu 29 Mei 2021.

Unbrah Talk yang tayang livestreaming di channel Youtube “Info Unbrah” menghadirkan narasumber sekaligus pakar bidang kedokteran dari Universitas Andalas Padang Prof. Dr. dr. Eva Decroli, SpPD-KEMD, FINASIM.

Kegiatan yang juga dapat diikuti dari aplikasi ZOOM, narasumber dr. Eva menyampaikan berbagai hal tentang peranan dokter dari kampus swasta dalam mewujudkan Indonesia Sehat.

Menurut Prof Eva Decroli dokter dari kampus swasta sama halnya dengan kampus negeri menjadi bagian yang menyumbang sumber daya dalam mewujudkan Indonesia Sehat.

Sebab pada dasarnya dokter di kampus swasta dan negeri sama-sama harus lulus ujian kompetensi yakni UKMPPD untuk dapat melanjutkan karirnya.

Dokter yang dinyatakan lulus UKMPPD baik dari kampus swasta dan negeri memiliki hak yang sama dalam melanjutkan karier sebagai profesi, mengambil spesialis atau terjun ke angkatan bersenjata.

Prof. Dr. dr. Eva Decroli saat jadi pembicara Unbrah Talk.

Sehingga demikian tidak ada jaminan dokter dari perguruan tinggi negeri lebih baik dari dokter dari perguruan tinggi swasta.

Mengingat juga kata Prof Eva kebutuhan akan dokter di Indonesia masih banyak terlebih terdapat program pemerintah terkait pengabdian ke daerah terpencil. Sehingga ketersediaan dokter oleh kampus swasta juga amat penting.

Sebab bila hanya mengandalkan 15 Fakultas Kedokteran kampus negeri tentu tidak akan mencukupi kebutuhan dokter di Indonesia.

Menurutnya kampus yang membangun atau mendirikan Fakultas Kedokteran dinilai ikut berjasa dalam mendukung program pemerintah seperti Indonesia Sehat tersebut.

Semisal Unbrah yang menurutnya cukup konsisten dalam menghasilkan lulusan dokter di Sumbar akan berperan strategis dalam mengembangkan dunia kesehatan.

Tinggal saja dalam membentuk dokter berkualitas akan dipengaruhi oleh tata kelola dan atmosfer di kampus masing-masing.

Panitia Unbrah Talk Berfoto usai kegiatan.

Dalam hal ini dosen atau pembimbing perlu memotivasi mahasiswa untuk dapat berprestasi dan mengembangkan ilmu kedokterannya serta dapat bekerja profesi dengan sebaik-baiknya.

“Dalam perkembangan usai menjadi dokter, mahasiswalah yang akan memilih jalan kehidupan apakah mengambil dokter spesialis, magister, menjadi pebisnis atau jadi jenderal,” kata Prof Eva.

Kegiatan ini dipandu oleh Muhammad Rizky Saputra dan juga diselingi dengan penampilan solo song dari mahasiswa Unbrah.

Di akhir kegiatan dilakukan sesi tanya jawab yang setiap pertanyaan dari audiens mendapat doorprize.