Usai penandatanganan MoU, Dua rektor berpose bersama.

Universitas Baiturrahmah (Unbrah) dan Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang menandatangani Nota Kesepahaman atau MoU dalam pengembangan pendidikan tinggi Selasa 9 Februari 2021 di Kampus Unbrah Aie Pacah.

Penandatanganan ini dilaksanakan oleh Rektor Unbrah Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, M.S dan Rektor ISI Padang Panjang Prof. Dr. Novesar Jamarun, M.S di Ruang Sidang Yayasan Unbrah dengan penerapan protokol pencegahan penyakit Covid-19.

Usai penandatanganan masing-masing rektor memberikan kata sambutannya, Rektor Unbrah menyampaikan apresiasinya atas terjalinnya kerja sama, dan berharap segera dapat diisi dan ditindaklanjuti melalui MoA.

Menurut Rektor kerja sama tidak hanya dapat dilakukan melalui program Kampus Merdeka dan melibatkan Fakultas Ekonomi namun fakultas lain.

Rektor Unbrah.

Misalnya kerja sama dalam hal penelitian di Prodi Pendidikan Dokter atau Kesehatan Masyarakat terkait pengaruh musik terhadap kesehatan pasien.

Selain itu juga melalui Prodi Manajemen dapat juga berkolaborasi dengan prodi Seni Musik di ISI dalam menciptakan BTS, Blackpink baru dari Sumatera.

Tentu kata Rektor Unbrah dengan adanya kerja sama ini juga semakin menegaskan kerja sama yang pernah dijalin sebelumnya seperti pembinaan musik Wessa Orchestra, penciptaan lagu Hymne dan Mars Unbrah dan lainnya.

Harapannya usai MoU dilanjutkan MoA secara keseluruhan dapat memberi nilai tambah kepada kedua kampus dalam mengembangkan institusinya masing-masing.

Rektor ISI Padang Panjang

Senada itu Rektor ISI juga menyambut secara istimewa kerja sama kampusnya dengan Unbrah yang diharapkan dapat segera ditindaklanjuti dengan MoA.

Selain penelitian atau Kampus Merdeka, kerja sama juga kata Rektor ISI dapat berupa penyuluhan kesehatan dari Unbrah kepada civitas akademika di ISI Padang Panjang.

Selain itu dapat juga berupa kerja sama pertunjukkan seni, seminar, kuliah umum dan pembinaan untuk Penjaminan Mutu. Terlebih saat ini jaminan mutu di ISI belum terbentuk.

“Tentu kami menunggu tindaklanjut kerja sama yang luar biasa ini,” kata Prof Novesar Jamarun.

Selain penandatanganan terdapat kegiatan tukar menukar cenderamata dan foto bersama.

Foto bersama.

Setelah penandatanganan MoU dilakukan inisiasi kerja sama antara Fakultas Ekonomi dengan Dua Fakultas di ISI Padang Panjang yakni Seni Pertunjukkan dan Seni Murni.

Beberapa hal yang didiskusikan terkait kemungkinan transfer kredit atau pertukaran mahasiswa dari Prodi Manajemen atau Kewirausahaan Fakultas Ekonomi kuliah di salah satu dari 11 prodi yang ada di ISI.

Selain itu juga kemungkinan ada kerja sama dalam hal penelitian dan pengabdian masyarakat.

Pihak Fakultas di ISI juga menjajaki kemungkina kerja sama dengan prodi lain di Unbrah tidak hanya non kesehatan saja.

Tim ISI Padang Panjang saat diskusi dengan FE Unbrah.

Kegiatan ini dihadiri wakil Rektor I, II dari ISI Padang Panjang, Dekan Fakultas Seni Pertunjukkan dan Fakultas Seni Murni ISI, Ketua LPPM, Wakil Dekan, dan staff total berjumlah 7 orang.

Kemudian dari Unbrah hadir Kepala Biro Humas dan Kerja Sama, Dekan lima Fakultas, Kepala Lembaga dan Perangkat Akademik Fakultas Ekonomi.